Setelah Penantian Panjang, akhirnya Sony Rilis PS5 Hari Ini! - Himpoon

Setelah Penantian Panjang, akhirnya Sony Rilis PS5 Hari Ini!

Setelah melalui penantian Panjang dan berbagai rumor akhirnya Sony resmi merilis PS5 console terbarunya.

Sony secara resmi mengumumkan rilisnya Playstation5 dalam acara yang berjudul “Playstation 5 Showcase” yang digelar secara virtual di Youtube, Kamis (17 September 2019).

Harga PS5

Seperti yang sudah diumumkan sebelumnya sony akan merilis dalam 2 model Playstation5 yaitu Standard Edition dan Digital Edition.

PlayStation5 Standard Ediition akan dibekali dengan laci (slot drive) cakram (disc) Blu-ray fisik, dibanderol dengan harga 499 dolar AS atau sekitar Rp 7,3 juta.

Sementara itu PS5 Digital Edition tidak memiliki drive cakram yang artinya tidak dapat memainkan game dari cakram Blu-ray fisik dan hanya bisa memainkan game versi digital, dan dijual dengan harga yang lebih murah ketimbang Standard Edition yakni 299 dolar AS atau setara dengan RP. 4,4 Juta.

PS5 Rilis 12 November

Secara bersamaan kedua model PlayStation5 tersebut akan diluncurkan pada 12 November di Jepang, Kanada, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Meksiko, dan Korea Selatan.

Baca Juga : Nintendo Switch Baru Akan Rilis 2021, Kualitas 4K?

Baru seminggu kemudian pada 19 November konsol tersebut akan diluncurkan bersamaan diseluruh dunia.

Walaupun Sony tidak mengumumkan adanya Pre-order di acara perilisan tersebut, namun dalam unggahan @PlayStation di Twitter mengatakan bahwa pemesanan bisa dilakukan besok tanggal 17 September 2020 waktu Amerika Serikat. Tapi hanya di ritel-ritel tertentu rekanan Sony.

Spesifikasi PlayStation5.

Dengan mengandalkan 8 Prosesor AMD Zen 2 dengan inti CPU berkecepatan 3,5 GHz, lebih tinggi dari PS4 yang ditenagai 8 prosesor AMD Jaguar 1,6 GHz. Kapasitas ram PS5 juga dua kali lebih besar ketimbang PS4 yang berada di 16GB.

Kemampuan Visual PS5 juga mendapatkan peningkatan dengan GPU AMD yang memiliki 36 compute units (CUs) dan daya komputasi sebesar 10,28 teraflops. Jauh meningkat dari pendahulunya PS4 yang hanya dengan 18 CUs dan daya komputasi 1,84 teraflops.

Media penyimpanan PS5 pun mengguanakan Solid State Drive yang mampu mempersingkat waktu loading game karena memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi ketimbang Hard Disk Drive (HDD) yang memotori PS4.

Walaupun SSD PS5 berkapsitas sangat besar dengan 825 GB, pengguna masih bisa mengupgrade dengan SSD tambahan.

Resolusi pada PS5 pun lebih tinggi ketimbang PS4. PS5 dapat mengoptimalkan resolusi hingga 8K disbanding PS4 yang lebih rendah di resolusi 4K.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *